Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Dua-Faktor Instagram

Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Dua-Faktor Instagram. Keamanan akun instagram memang merupakan hal yang sangat penting. Tidak peduli penggunaannya untuk pribadi ataupun keperluan bisnis.

Autentikasi Dua-Faktor merupakan salah satu fitur keamanan instagram, lebih tepatnya sebagai keamanan tambahan atau keamanan ekstra. Dengan mengaktifkan fitur ini, apabila kita login dari perangkat baru atau perangkat lain maka kita harus memasukkan kode keamanan. Kode keamanan tersebut bisa kita dapatkan tergantung dari metode yang digunakan.

Jika kita mengaktifkan autentikasi dua-faktor menggunakan metode SMS, maka kode keamanan akan kita terima dari SMS yang dikirim ke nomor telpon (hp) yang digunakan. Dalam hal lain, jika kita mengaktifkannya menggunakan metode aplikasi autentikasi seperti google authenticator, maka kode keamanan didapatkan dari aplikasi tersebut.

A. Masalah Autentikasi Dua-Faktor Instagram

Berikut ini beberapa masalah yang biasanya terjadi terkait autentikasi dua faktor instagram. Salah satunya pernah saya alami sendiri.

  1. SMS tidak masuk
  2. Misalnya, Nomor telepon masih aktif tapi tidak mendapatkan SMS dari instagram. Nah, masalah SMS tidak masuk ini biasanya terjadi karena gangguan pada jaringan seluler kita atau sistem pengiriman dari instagramnya sendiri.

  3. Nomor HP sudah tidak aktif atau hilang
  4. Misalnya, Instagram mengirim SMS ke nomor telepon yang sudah tidak aktif atau hilang. Banyak juga kejadian seperti ini yang saya temukan di forum-forum atau sosial media. Kalau nomor hp sudah tidak aktif atau hilang bagaimana kita bisa menerima SMS kode keamanan? Pertanyaan seperti ini juga sering sekali muncul.

  5. Google Authenticator Terhapus
  6. Aplikasi autentikasi instagram seperti google authenticator atau duo mobile terhapus juga jadi masalah selanjutnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kita menguninstallnya baik dengan sengaja atau tidak sengaja.

  7. Kode Pemulihan Hilang
  8. Sebenarnya ketiga masalah sebelumnya bisa diatasi dengan menggunakan kode pemulihan yang kita dapatkan saat mengaktifkan autentikasi dua-faktor. Tetapi, bagaimana jika kita tidak mencatat, lupa, atau kehilangan kode pemulihannya? Jika sudah terjadi masalah seperti ini, apakah akun instagram masih bisa dipulihkan? Jawabannya, bisa! Tetapi, saya tidak bisa menjamin 100% berhasil.

B. Mengatasi Masalah

Masalah autentikasi dua-faktor yang terjadi pada setiap akun bisa saja berbeda-beda. Ada dua cara yang bisa kita lakukan yaitu menggunakan kode pemulihan dan mengajukan permintaan pemulihan akun.

1. Menggunakan Kode Pemulihan

Kode pemulihan ini adalah kode cadangan yang diperoleh pada saat kita mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram. Jika kita masih menyimpan kode pemulihan ini, berikut cara mengatasinya.

Cara mengatasi masalah autentikasi dua faktor dengan kode pemulihan

  1. Buka aplikasi instagram.
  2. Masukkan email atau username dan password, lalu masuk.
  3. Selanjutnya akan diminta memasukkan kode keamanan login. Karena tidak mendapatkan kode keamanan, maka kita abaikan tahap ini.
  4. Di bagian bawah, pilih dapatkan bantuan login.
  5. Pilih gunakan kode pemulihan.
  6. Masukkan salah satu kode pemulihan yang sudah dicatat, atau discreenshot sebelumnya.
  7. Pilih selanjutnya, dan selesai. Akun instagram sudah bisa digunakan kembali.

Itulah cara mengatasinya kalau kita masih menyimpan kode pemulihan. Tetapi, bagaimana kalau kode pemulihan sudah hilang, lupa atau tidak mencatatnya?

Tenang, masih ada kesempatan untuk memulihkan atau mendapatkan akun instagram kembali. Caranya yaitu mengajukan permintaan pemulihan akun lewat menu bantuan yang disediakan instagram.

2. Mengajukan Permintaan Pemulihan Akun

Sedikit cerita, saya pernah mengalami google authenticator di perangkat android saya terhapus dan juga kode pemulihannya hilang. Penyebabnya, karena saya melakukan flash ulang perangkat.

Jadi, secara otomatis aplikasi google authenticator terhapus. Tidak hanya itu, pada saat itu kode pemulihan autentikasi dua-faktornya juga ikut terhapus. Sehingga saya tidak bisa masuk ke instagram dan tidak bisa melakukan pemulihan seperti cara pertama di atas.

Dari sekilas cerita tadi, saya rasa kamu sudah bisa memahami bagaimana kronologisnya hehe. Sekarang mari kita bahas cara penyelesaian atau solusinya.

Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Dua-Faktor Instagram dengan Mengajukan Permintaan Pemulihan Akun

  1. Buka aplikasi instagram.
  2. Login, masukkan email atau username dan password, lalu masuk/login. Selanjutnya akan muncul tampilan dimana kita diminta untuk memasukkan kode keamanan yang didapat dari SMS atau google authenticator. Berhubung kita tidak mendapatkan kode keamanan sesuai masalah yang terjadi seperti di atas, maka kita abaikan saja.
  3. Pilih Dapatkan Bantuan Login yang ada di bagian bawah lalu pilih Minta Bantuan.
  4. Selanjutnya akan terbuka halaman permintaan pemulihan akun instagram. Di sini kita harus mengisi sesuai dengan apa yang diminta pada form yang tersedia.
  5. Email Pendaftaran, diisi dengan alamat email yang terhubung ke instgaram. Jika akun instagram tidak dihubungkan ke email, maka kamu harus buat akun email terlebih dahulu.
  6. Email Preferensi, jika email yang terhubung ke instagram masih aktif, maka bagian ini dicentang saja sama dengan email pendaftaran. Tetapi jika alamat email yang terhubung ke instagram sudah tidak aktif, maka bagian ini diisi alamat email baru yang masih aktif dan bisa di akses.
  7. Pilih salah satu jenis akun yang sesuai dengan akun instagram kamu.
    • Akun perusahaan atau merek, maksudnya akun bisnis.
    • Akun pribadi dengan foto saya, maksudnya akun instagram pribadi yang ada foto pribadi kita di postingannya atau foto profilnya.
    • Akun pribadi tanpa foto saya, maksudnya akun instagram pribadi kita. Tetapi di dalamnya tidak ada foto yang memperlihatkan wajah kita.
  8. Tambahkan rincian yang akan membantu kami memecahkan ini lebih cepat, maksudnya tuliskan rincian masalah yang terjadi dengan akun kita.
  9. Berikut ini contoh pesan permintaan pemulihan akun.

    Hai, saya pemilik akun @usernamekamu. Saya tidak bisa login karena masalah autentikasi dua-faktor. Saya tidak mendapatkan kode keamanan karena (contoh: aplikasi autentikasi google authenticator terhapus dari perangkat, sms tidak masuk ke nomor saya, atau perangkat saya hilang, dll) [tulis sesuai masalah ya].

    Selain itu, saya juga tidak bisa menggunakan kode pemulihan karena saya (contoh: kehilangan kode tersebut, lupa mencatatnya, tidak mencatatnya, dll) [tulis sesuai keadaan].

    Maka dari itu saya memohon bantuannya agar saya bisa login dan menggunakan kembali akun instagram saya, terima kasih.

    Silahkan copas dan diedit-edit sesuai masalah yang kamu alami. Jika ingin memggunakan kata-kata sendiri juga tidak masalah.

  10. Setelah itu, pilih tombol Kirim Permintaan.

Selanjutnya adalah menunggu tim instagram menghubungi kita. Mereka akan mengirim email ke alamat email yang ditulis pada form permintaan tadi.

Berapa lama kita akan dihubungi tim instagram?

Pertanyaan ini juga sepertinya muncul dalam pikiran kamu. Jawabannya tidak pasti, bisa cepat, bisa juga harus menunggu beberapa hari atau mungkin tidak dihubungi sama sekali. Tetapi, pada saat itu tidak lebih dari 10 menit, permintaan saya langsung direspon oleh pihak instagram. Saya sangat bersyukur sekali hehe.

Seperti apa isi email yang kita terima dari tim instagram?

Oke selanjutnya, isi dari email yang dikirim oleh tim instagram mungkin saja berbeda-beda, biasanya tergantung jenis akun yang kita pilih pada saat mengajukan permintaan pemulihan.

Sebagai contoh, berikut ini email yang saya terima setelah mengirim permintaan ke instagram. Dalam kasus ini saya memilih jenis akun tanpa foto, karena pada akun terebut tidak ada postingan foto saya sendiri.

email dari tim instagram

Bagaimana membalas email dari tim instagram?

Setelah menerima email dari tim instagram, selanjutnya balaslah email tersebut sesuai dengan apa yang diminta. Kalau kamu masih bingung balasannya bagaimana, berikut ini contoh membalas pesan email dari tim instagram di atas.

Hai, terima kasih telah merespon permintaan pemulihan akun saya. Berikut ini informasi terkait akun saya.

1. Masalah yang saya alami adalah google authenticator pada ponsel saya terhapus. Saya tidak bisa login karena harus memasukkan 6 digit kode instagram yang seharusnya saya dapatkan dari google authenticator. Setelah menginstall ulang google authenticator, tentunya data akun instagram saya sudah hilang dan sudah tidak terhubung. Selain itu saya juga kehilangan kode pemulihan saat mengaktifkan autentikasi dua-faktor. Sehingga saya tidak bisa melakukan login menggunakan kode pemulihan. Terakhir kali saya mengakses akun pada tanggal 25 Juli 2019.

2. Pada saat mendaftar di instagram, saya menggunakan alamat email emailkamu@gmail.com.

3. Saya daftar instagram menggunakan perangkat android.

Demikian yang bisa saya jelaskan. Semoga informasi di atas bisa menjadi bahan pertimbangan.

Terima kasih

Mendapatkan dan menggunakan kode pemulihan

Apabila kita memberikan informasi yang benar-benar terjadi dan bisa diterima oleh pihak instagram, maka mereka akan mengirimkan 8 digit kode pemulihan yang bisa kita gunakan untuk login. Kode pemulihan yang kita terima hanya satu buah, dan kode tersebut hanya untuk satu kali pakai saja.

Setelah menerima kode pemulihan, langkah selanjutnya seperti di bawah ini.

  1. Buka aplikasi instagram.
  2. Masukkan email atau username dan password, lalu masuk.
  3. Akan diminta memasukkan kode keamanan 6 digit, tetapi kita abaikan saja. Pilih Dapatkan Bantuan Login di bagian bawah.
  4. Pilih Gunakan kode pemulihan.
  5. Masukkan kode pemulihan yang diterima dari pihak instagram pada email tadi.
  6. Pilih Selanjutnya, dan selesai.
memasukkan kode pemulihan autentikasi dua-faktor instagram

Setelah melakukan langkah-langkah seperti di atas, jika kita dialihkan ke beranda instagram, maka akun kita berhasil dipulihkan dan sudah bisa digunakan kembali seperti biasa.

Kemudian jangan lupa untuk mengaktifkan ulang atau menonaktifkan autentikasi dua faktornya, karena autentikasi dua faktor yang sebelumnya masih aktif.

Jika kamu tidak menonaktifkan atau mengaktifkan ulang, maka ketika kamu logout dari aplikasi instagram baik sengaja atau tidak, maka masalah yang sama bisa saja terulang.

Lihat: Cara Menonaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram

Demikianlah cara mengatasi masalah autentikasi dua faktor instagram. Bagi kamu yang mengalami masalah seperti ini, silahkan dicoba. Semoga bermanfaat, dan semoga berhasil.

Tambahan

Perlu kamu tahu juga, pada beberapa kasus, ada yang mendapatkan email yang isinya diminta mengirimkan foto yang memperlihatkan wajah kita sendiri dan kode verifikasi yang ditulis pada sebuah kertas. Biasanya ini terjadi jiks kita memilih "akun pribadi dengan foto saya" pada saat mengirim permintaan pemulihan.

Foto tersebut untuk memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik asli yang mengajukan permintaan pemulihan akun. Kemudian tim instagram akan memastikan lagi kamu itu benar-benar pemilik asli akun tersebut atau bukan. Mereka akan mencocokkan foto yang kamu kirim dan foto yang ada di postingan akun instagram kamu.

Intinya, kita hanya mengikuti atau memenuhi apa yang diminta. Pihak instagram perlu bukti yang jelas untuk memastikan bahwa kita adalah benar-benar pemilik akun tersebut.

Sekali lagi, silahkan dicoba dan semoga berhasil. Jika berkenan silahkan share ke teman-teman yang lain.

Lihat Komentar