Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram Lewat SMS

Hai semuanya, sudah lama sekali saya share tulisan tentang cara mengatasi masalah autentikasi dua-faktor. Tetapi saya sendiri belum membagikan bagaimana cara mengaktifkan fitur autentikasi dua-faktor instagram. Maka dari itu supaya lebih lengkap, saya akan bahas juga bagaimana cara mengaktifkan fitur ini.

Kita perlu tahu bahwa ada dua metode yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan autentikasi dua-faktor di instagram. Kedua metode tersebut adalah SMS dan Aplikasi Autentikasi. Nah, pada artikel ini saya hanya akan membahas metode yang pertama terlebih dahulu, yaitu SMS.

Lihat juga: 2 Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram Menggunakan Metode Aplikasi Autentikasi

Cara mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram lewat SMS

  1. Buka aplikasi instagram, lalu login
  2. Pilih Menu Profil > Garis Tiga > Pengaturan
  3. Pilih Keamanan > Autentikasi Dua-Faktor
  4. Pilih SMS
  5. Tambahkan Nomor Telepon
  6. Masukkan 6 digit kode yang diterima lewat SMS
  7. Autentikasi Dua-Faktor aktif
  8. Simpan kode pemulihan
  9. Selesai

Di atas adalah langkah-langkah singkat untuk mengaktifkan autentikasi dua-faktor lewat SMS. Kalau kamu ingin penjelasan dari masing-masing poin di atas, berikut saya paparkan satu-persatu.

  1. Login

    Buka atau jalankan aplikasi instagram, kemudian login (masuk) dengan akun yang akan kita aktifkan autentikasi dua-faktornya.

  2. Buka Menu Pengaturan

    Setelah login, buka menu pengaturan di dalam aplikasi instagram. Jika saat ini kita berada di beranda instagram, pilih menu Profil yang ada di bagian pojok kanan bawah. Kemudian, setelah terbuka halaman profil, silahkan pilih Garis Tiga di bagian pojok kanan atas. Lalu, pilih Pengaturan yang ada di bagian bawah.

  3. Pilih Autentikasi Dua-Faktor

    Pada halaman pengaturan instagram, kita tidak akan melihat langsung fitur autentikasi dua-faktor. Fitur tersebut ada di dalam sub-menu Keamanan. Silahkan pilih Keamanan, kemudian pilih Autentikasi Dua-Faktor pada bagian keamanan login.

  4. Pilih metode SMS

    Pada halaman pengaktifan autentikasi dua-faktor, terdapat dua metode yang bisa kita gunakan. Metode tersebut adalah SMS dan Aplikasi Autentikasi. Dikarenakan kita akan mengaktifkan autentikasi dua-faktor lewat SMS, maka kita pilih atau tap pada bagian SMS.

  5. Tambahkan Nomor Telepon

    Kalau kita belum menambahkan nomor telepon di profil instagram, maka pada tahap ini kita diminta untuk menambahkan nomor telepon terlebih dahulu. Silahkan tentukan kode negara, untuk Indonesia (+62). Kemudian masukkan nomor telepon kita sendiri, bisa pakai 0 di awal, bisa juga tidak.

  6. Masukkan Kode Keamanan

    Selanjutnya kita akan dikirimkan kode keamanan 6 digit ke nomor telepon yang ditambahkan tadi lewat SMS. Setelah kita menerima SMS, masukkan kode keamanan tersebut, lalu pilih Selanjutnya.

    Kalau tidak ada SMS yang masuk atau dengan kata lain kita tidak menerima SMS dalam waktu yang lama, silahkan pilih link Kirim Ulang Kode. Tetapi, kalau kita tetap tidak menerima SMS, cobalah ganti dengan menggunakan nomor telepon yang lain dengan cara memilih Ubah Nomor Telepon.

  7. Autentikasi Dua-Faktor Aktif

    Kalau kode yang kita masukkan sudah benar, maka autentikasi dua-faktor instagram sudah aktif. Pada saat itu juga, ketika kita login akun instagram ini di perangkat lain, kita akan diminta memasukkan kode keamanan. Kode keamanan tersebut akan dikirim oleh instagram ke nomor telepon yang ditambahkan tadi. Selain itu, kode keamanan untuk setiap login juga akan berbeda-beda.

  8. Simpan Kode Pemulihan

    Terakhir, simpanlah atau catatlah kode pemulihan. Kode pemulihan ini untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi masalah pada nomor telepon kita. Misalnya, nomor telepon kita tidak aktif, terjadi gangguan jaringan, hilang atau hal yang lainnya sehingga kita tidak menerima kode keamanan dari instagram.

Oke, itulah tutorial cara mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram lewat SMS. Pastikan nomor telepon kita aktif ketika ingin login akun instagram di perangkat lain. Jika kita tidak ingin terus-terusan diminta kode keamanan setiap kali login tanpa menonaktifkan fitur ini, silahkan centang percayai perangkat ini ketika kamu memasukkan kode keamanan. Kalau kamu masih bingung dengan tutorial di atas, silahkan simak video tutorialnya berikut ini.

Video tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=9jXefvuQpz4

Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat. Jika berkenan silahkan share ke teman-teman kamu yang lainnya.

Lihat Komentar