2 Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram Menggunakan Metode Aplikasi Autentikasi

Pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram menggunakan aplikasi autentikasi. Ada beberapa aplikasi autentikasi yang bisa kita gunakan, diantaranya google authenticator, duo mobile, Microsoft Authenticator, Authy 2-Factor Authentication dan lain-lain.

Lihat juga: Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram Lewat SMS

Dari beberapa aplikasi autentikasi yang sudah saya sebutkan di atas, saya hanya akan membahas dua aplikasi yang disarankan oleh instagram saja, yaitu google authenticator dan duo mobile. Pada tutorial ini juga saya hanya membahas untuk pengguna android. Bagi teman-teman yang menggunakan iOS, silahkan menyesuaikan saja.

Meskipun mungkin berbeda tampilan, saya harap teman-teman dapat memahami intinya. Bukannya pilih kasih atau sejenisnya, tetapi semua ini karena keterbatasan device. Jadi, mohon maaf dan mohon dimaklumi.

A. Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram Menggunakan Google Authenticator

Berikut ini 7 langkah mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram dengan metode aplikasi autentikasi google authenticator.

  1. Download Aplikasi Google Authenticator

  2. Langkah pertama, silahkan install aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa kita download di google playstore untuk pengguna android, atau app store untuk pengguna iOS.

  3. Login ke Instagram

  4. Setelah aplikasi google authenticator terinstall, langkah selanjutnya bukalah atau jalankan aplikasi instagram. Silahkan login (masuk) menggunakan akun instagram yang akan diaktifkan autentikasi dua-faktornya.

  5. Buka Fitur Autentikasi Dua-Faktor

  6. Untuk membuka fitur autentikasi dua-faktor, silahkan pilih Profil > Garis Tiga > Pengaturan. Kemudian pilih Keamanan > Autentikasi Dua-Faktor pada keamanan dan login. Selanjutnya, akan terbuka penjelasan apa itu autentikasi dua-faktor dan cara kerjanya. Pilih tombol Mulai, maka akan terbuka halaman fitur autentikasi dua-faktor.

  7. Pilih Metode Aplikasi Autentikasi

  8. Terdapat dua metode yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan autentikasi dua-faktor. Pertama adalah SMS, nantinya kita akan selalu menerima SMS dari instagram yang berisi kode keamanan untuk kita melanjutkan login. Kedua adalah aplikasi autentikasi, untuk melanjutkan masuk ke instagram, kode keamanan kita dapatkan dari aplikasi autentikasi yang digunakan.

    Sesuai dengan topik tulisan ini, maka silahkan pilih metode Aplikasi autentikasi. Geser tombol di sebelahnya untuk mulai mengaktifkan. Selanjutnya akan muncul halaman Dapatkan Kode Anda dari Authentication App, silahkan pilih Selanjutnya.

  9. Memasukkan Kode Konfirmasi

  10. Bukalah aplikasi Google Authenticator yang sudah terinstall. Nanti akan muncul popup Simpan Kunci Untuk Instagram:username, lalu kita pilih Ok. Salin kode yang tertera di Google Authenticator, kemudian kembali ke aplikasi instagram lalu masukkan kode yang tertera di aplikasi Google Athenticator tadi. Untuk melanjutkan, silahkan pilh tombol Selanjutnya.

  11. Autentikasi Dua Faktor dengan Google Authenticator Sudah Aktif

  12. Sekarang fitur autentikasi dua-faktor instagram sudah berhasil diaktifkan. Nantinya, setiap kali kita login di perangkat lain, kita akan diminta memasukkan kode keamanan terlebih dahulu. Kode keamanan tersebut hanya bisa didapatkan dari aplikasi google authenticator yang terinstall di perangkat kita tadi.

  13. Simpan Kode Pemulihan

  14. Terakhir, ini sangat penting dan jangan dianggap remeh. Silahkan catat atau simpan baik-baik kode pemulihannya. Kode ini akan berguna jika suatu saat terjadi masalah dengan aplikasi autentikasi google authenticator sehingga kita tidak bisa memasukkan kode keamanan. Contohnya, perangkat kita hilang, aplikasi google authenticator terhapus atau masalah lainnya.

Lihat juga: Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Dua-Faktor Instagram

Baiklah, langkah-langkah untuk mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram menggunakan aplikasi google authenticator sudah selesai. Selanjutnya saya akan membahas bagaimana jika kita ingin menggunakan aplikasi Duo Mobile.

B. Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram Menggunakan Duo Mobile

Berikut ini 7 langkah mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram dengan metode aplikasi autentikasi duo mobile.

  1. Download Aplikasi Duo-Mobile

  2. Langkah pertama silahkan download dan install dulu aplikasi duo mobile. Buka aplikasi google play store, kemudian cari aplikasi duo mobile, lalu install. Aplikasi ini gratis sama seperti google authenticator.

  3. Login ke Instagram

  4. Setelah menginstall aplikasi duo mobile, langkah selanjutnya silahkan login (masuk) ke instagram. Tentunya menggunakan akun kita yang akan diaktifkan autentikasi dua-faktornya.

  5. Buka Fitur Autentikasi Dua-Faktor

  6. Fitur autentikasi dua-faktor instagram bisa kita temukan di menu keamanan instagram. Untuk membukanya kita pilih Profil > Garis Tiga > Pengaturan > Keamanan. Pada menu keamanan dan login kita bisa melihat pilihan autentikasi dua-faktor. Silahkan pilih Autentikasi Dua-Faktor tersebut untuk melanjutkan.

  7. Pilih Aplikasi Autentikasi Duo Mobile

  8. Disini terdapat dua metode yang bisa kita gunakan, yaitu SMS dan Aplikasi Autentikasi. Pada kasus ini kita pilih aplikasi autentikasi, kemudian geser tombol di sebelah aplikasi autentikasi. Jika aplikasi autentikasi yang terinstall di perangkat kita hanya duo mobile, maka aplikasi duo mobile akan terbuka secara otomatis.

  9. Masukkan Kode Konfirmasi Anda

  10. Selanjutnya kita masukkan kode yang tertera pada aplikasi duo mobile untuk mengonfirmasi. Tekan dan tahan kode di aplikasi duo mobile untuk menyalin kodenya, kemudian buka aplikasi instagram lalu tempelkan kode tersebut. Segera pilih tombol selanjutnya, karena kode tersebut hanya berlaku 30 detik. Jika terjadi kesalahan atau gagal, silahkan buka kembali aplikasi duo mobile untuk mendapatkan kode yang baru.

  11. Autentikasi Dua-Faktor dengan Duo Mobile Sudah Aktif

  12. Fitur Autentikasi Dua-Faktor instagram menggunakan aplikasi autentikasi Duo Mobile sudah berhasil diaktifkan. Sama seperti metode yang lainnya, jika kita login ke instagram kita akan diminta memasukkan kode keamanan. Kode keamanan tersebut hanya bisa kita dapatkan dari aplikasi Duo Mobile ini.

  13. Simpan Kode Pemulihan

  14. Jangan lupa untuk menyimpan kode pemulihan. Hal ini untuk mengantisipasi jika kita kehilangan akses aplikasi autentikasi duo mobile. Misal, aplikasinya terhapus, kodenya selalu error dan lain-lain.

Itulah 2 cara mengaktifkan autentikasi dua-faktor instagram menggunakan aplikasi autentikasi. Silahkan tentukan sendiri aplikasi mana yang ingin kamu gunakan. Saya tidak bisa memberikan rekomendasi aplikasi yang terbaik, semuanya tergantung selera. Kelebihan dan kekurangan bisa kamu rasakan sendiri jika sudah mencobanya.

Lihat Komentar